Selasa, 11 Mei 2010

Komunitas Pohon Indonesia



Masalah lingkungan hidup saat ini semakin serius setiap hari, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang sebagian besar masih berada dibawah kemiskinan. Masalah penurunan luas dan kualitas tanah, menurunnya cadangan & kualitas air, polusi udara, sampah dan penyakit hanyalah beberapa dari banyak masalah yang terjadi.

Kondisi hutan dan lahan di Jawa Barat saat ini sudah cukup meng‐khawatirkan bagi kelangsungan kehidupan & kelestarian lingkungan. Salah satu dampak nyata yang kita alami adalah terjadinya banjir dan kekeringan di mana‐mana. Bahkan, menurut para ahli dalam kurun waktu dua puluh tahun ke depan panas bumi cenderung meningkat akibat kondisi hutan dan lahan yang semakin rusak.

Atas dasar berbagai persoalan lingkungan dan kondisi sosial masyarakat tersebut, kami Komunitas Pohon Indonesia terpanggil untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan kualitas lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan masyarakat itu sendiri sebagai pemeran utamanya.

MAKSUD DAN TUJUAN

Komunitas Pohon Indonesia berfokus pada penanaman pohon khususnya di lahan kritis dan lahan non‐produktif sebagai upaya meningkatkan kualitas tanah, air dan udara sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Maksud dan tujuan daripada Komunitas Pohon Indonesia adalah:

1. Melestarikan alam dengan menanam pohon sebanyak‐banyaknya.
2. Mengajak masyarakat luas untuk secara langsung terlibat dalam upaya pelestarian alam.
3. Menumbuhkan rasa memiliki yang lebih nyata dalam menanam pohon.
4. Memperoleh berbagai benefit dari menanam pohon.
5. Mensejahterakan masyarakat melalui penanaman pohon.
6. Melibatkan masyarakat secara langsung dalam upaya menekan pemanasan global.
7. Membuka lapangan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar