Kamis, 13 Mei 2010

Tanam Pohon Sesuai Manfaatnya

Menanam pohon tak boleh asal dilakukan. Tapi harus disesuaikan dengan manfaat dan lokasi penanaman.

Di pinggir jalan misalnya. Pohon yang cocok di tanam di pinggir jalan haruslah tanaman yang mempunyai manfaat keindahan, sebagai penyerap polutan, sebagai pelindung dari terik matahari dan peredam suara kebisingan serta mempunyai manfaat hidrologis yang mendukung daur alami air tanah.
Tanaman yang cocok ditanam di pinggir jalan antara lain:

1. Tanaman pohon besar seperti: Kenari, Mahoni, Angsana, Kecrutan, Kemuning, Palm Raja, Bungur, Norfolk, Saga, Asam dan Cemara Sumatera.


2. Tanaman pohon sedang seperti: Dadap Merah, Dadap Belang, Bungur Biasa, Jakaranda, Kelapa Sawit, Saputangan Merah, Janda Merana, Bintoro dan Santalun.


3. Tanaman kecil seperti : Asam Londo, Cicas, Palem Merah, Palem Botol, Phoenix, Palem Jepang, Palem Kuning, Palem Anggur, Walisongo, Pinang Jambe, Palem Putri, Palem Segitiga.


Sementara tanaman yang cocok ditanam untuk rehabilitasi lahan kritis adalah tanaman yang mempunyai nilai konservasi tinggi, seperti: Jambu Mente, Durian, Petai, Randu, Mangga, Melinjo, Jengkol, Nangka, Sukun, Cempedak, Kayumanis, Aren, Kemiri, Alpukat, Suren, Jati, Kopi, Cacao, Jarak, Rambutan, dan lainnya. (med)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar